Tips Menyusun Tujuan Pribadi - Rencanakan Menjalani Hidup Dengan Cara Anda Sendiri

Tips Menyusun Tujuan Pribadi - Rencanakan Menjalani Hidup Dengan Cara Anda SendiriMenyusun tujuan adalah suatu teknik tradisional yang digunakan para atlet tingkat puncak, pebisnis, dan orang yang berhasil dalam segala bidang. Menyusun tujuan memberikan suatu visi jangka panjang dan motivasi. Menyusun tujuan terpusat pada perolehan pengetahuan Anda serta membantu Anda dalam menata sumberdaya. Dengan menyusun tujuan secara teratur, Anda membuat keputusan tnengenai apa yang ingin Anda capai. Ini adalah langkah pertama untuk bergerak menuju pencapaian tujuan. Menyusun tujuan adalah suatu proses yang sudah ditetapkan dan diketahui untuk suatu perencanaan pribadi. Proses penyusunan tujuan dan sasaran mengizinkan Anda untuk menentukan ke mana Anda ingin pergi di dalam kehidupan ini. Dengan mengetahui secara tepat apa yang ingin Anda capai, Anda akan tahu di mana harus berkonsentrasi. Dengan menyusun tujuan yang didefinisikan secara jelas dan tegas, Anda dapat mengukur dan bangga dalam pencapaian tujuan itu. Dengan menyusun tujuan, Anda juga meningkatkan kepercayaan diri karena Anda mengetahui inteligensi, kecakapan, dan kemampuan Anda untuk mencapai tujuan yang telah disusun.

Kita menyusun tujuan pada sejumlah tingkat yang berbeda-beda. Untuk penyusunan tujuan yang efektif dan berorientasi pada hasil, pertama-tama Anda harus menentukan apa yang ingin Anda lakukan dalam hehidupan ini dan tujuan terpenting mana yang ingin Anda capai. Langkah berikutnya adalah membagi semua itu ke dalam sasaran kecil yang mungkin dilakukan dan harus Anda selesaikan untuk mencapai tujuan hidup Anda. Menyusun struktur rencana membuat Anda lebih mudah mencapai tujuan hidup terbesar dengan memecahkannya menjadi langkah-langkah yang dapat dicapai dengan lebih mudah dan kurang menakutkan. Menetapkan tujuan hidup memberi Anda pandangan menyeluruh yang berpengaruh pada semua segi lain dari pengambilan keputusan Anda.

Hanya setelah rencana Anda selesai, Anda boleh mulai bekerja untuk mencapainya. Untuk memiliki cakupan yang luas dan berimbang dari semua bidang utama kehidupan Anda, Anda dapat menyusun tujuan dalam beberapa atau semua aspek berikut ini.

Sikap
Apakah sikap Anda positif atau negatif atau apakah pola pikir Anda yang menahan Anda untuk maju dalam kehidupan? Apakah ada suatu bagian dan perilaku Anda yang membuat Anda menyesal di kemudian hari? Jika ada, Anda dapat memutuskan untuk menyusun tujuan untuk memperbaiki masalah Anda dengan mengubah sikap.

Tujuan Profesional
Apa yang ingin Anda capai dalam karier dan dalam jangka waktu berapa lama Anda ingin menyelesaikannya?

Tujuan Keluarga
Apakah Anda ingin menjadi orangtua ideal dan dekat dengan anak-anak anda? Jika ya, bagaimana anda akan menjadi orangtua yang baik dan menjambatani kesenjangan generasi?

Seperti apakah Anda ingin dilihat oleh keluarga Anda? Langkah-langkah apa yang harus Anda ambil untuk mengurus keluarga Anda?

Tujuan Keuangan
Posisi keuangan seperti apa yang ingin Anda capai dalam kehidupan dan berapa penghasilan yang ingin Anda dapatkan dan pada usia berapa? Langkah-langkah apa yang harus Anda ambil?

Tujuan Fisik
Apakah ada tujuan atletik yang ingin Anda capai, atau Anda hanya ingin kesehatan yang baik, bahkan di usia tua Anda? Langkah-langkah apa yang ingin Anda ambil untuk mewujudkan tujuan ini?

Tujuan Kesenangan
Apa konsep Anda mengenai kesenangan? Apakah itu berupa uang, kesehatan yang baik, perusahaan yang baik, atau kemashuran? Apa yang Anda inginkan untuk menyenangkan diri sendiri dan kehidupan Anda? Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki cukup waktu untuk diri sendiri dan keluarga Anda. Begitu Anda menentukan tujuan¬-tujuan Anda di bidang-bidang ini, buatlah prioritas dari A sampai F. Kemudian, tinjaulah kembali tujuan dalam bidang-¬bidang utama kehidupan Anda dan buatlah prioritas ulang sampai Anda merasa puas bahwa tujuan itu mencerminkan profil kehidupan yang ingin Anda jalankan. Juga, pastikan tujuan yang telah Anda susun adalah tujuan yang Anda ingin capai, bukan yang diinginkan orangtua, pasangan, keluarga, atau pimpinan Anda.

1 komentar:

Pages